Minuman Artisan Lokal Terbaik 2020

by Stefan TirtaJan 26, 2021

Tersedia dalam bahasa:

Hasrat saya untuk menjelajah dan menemukan keluaran baru yang biasanya terarah kepada musik dan film, tahun lalu malah tertuju ke hal-hal lain. Produk minuman lokal yang banyak bermunculan adalah salah satu yang mencuri perhatian. Berlimpahnya waktu di rumah, desakan untuk beradaptasi dengan situasi yang aneh, dan sedikit usaha untuk tetap waras — mungkin juga sedikit terpengaruh tren minuman global — mendorong saya untuk lumayan sering merogoh kantong demi mencoba minuman-minuman baru.

Beberapa cukup eksperimental, beberapa tidak terlalu mengejutkan. Ada yang one-hit wonder, ada juga yang berkembang serius menjadi bisnis. Dari sekian banyak yang saya coba, terdapat satu klasifikasi yang sepertinya cocok dijadikan barisan rekomendasi: minuman lokal organik, di mana 80 – 100% proses pembuatannya dilakukan di dalam negeri menggunakan bahan alami tanah air. Sebuah kemajuan besar di sektor dan subsektor ekonomi kreatif, agrikultur, teknologi pangan, kebudayaan, dan juga kerajinan.

Bahwa akhirnya warga Indonesia bisa berinisiatif memberdayakan dan mengolah hasil bumi sendiri untuk dijadikan produk artisan bisa jadi indikasi kebangkitan di masa yang serba krisis. Belum lagi kalau kita juga membedah topik ini dari sisi warisan budaya yang begitu kaya dan tua umurnya — mungkin di lain waktu. Harap diperhatikan bahwa ini cuma opini pribadi dari seorang konsumen yang sok tahu, tapi mudah-mudahan tepat sasaran. 

Berikut adalah beberapa varian rekomendasi minuman hidup, minuman fermentasi, atau sekadar koktail sederhana yang lahir di tahun 2020 (dan telah bertransformasi menjadi UKM) dengan bahan dasar buah-buahan atau rempah-rempah Indonesia. Semua diproses dengan tangan. Selamat membaca, membeli, dan mencicipi. 

Mohon izin mengutip petuah dari Ibu saya: “Jangan lupa banyak minum.”

1. PALAPALA O.G.

Foto: PALAPALA Nusantara

Dibuat oleh PALAPALA Nusantara
Ramuan: buah pala, cengkeh, kulit kayu manis, adas bintang.
Beli di sini.

2. Petals (Rosé Wine)

Foto: Birthday Suit

Dibuat oleh Birthday Suit
Ramuan: 80% anggur Alphonse Lavallée, 10% buah ceri dan bluberi, 10% sari apel.
Beli di sini.

3. SOUR Kombucha

Foto: SOUR Fermentary

Dibuat oleh SOUR Fermentary
Ramuan: teh manis, SCOBY (interaksi simbiosis bakteri dan ragi), jus buah.
Beli di sini.

4. Rahayu

Foto: Brew and Jhon Brewery

Dibuat oleh Brew and Jhon Brewery
Ramuan: nanas Subang, mangga Indramayu, air, ragi.
Beli di sini.

5. Penjajah Rempah-rempah

Foto: Bali Boozy

Dibuat oleh Bali Boozy
Ramuan: arak Bali, rempah-rempah, orgeat kacang tanah, jeruk nipis.
Beli di sini.

About the Author

Stefan Tirta
-
Seekor penikmat hidup yang gemar akan teori-teori konspirasi, sering bingung, dan selalu diperbudak oleh sebab dan/atau refleksi diri.
Share Article

Sign up for our monthly newsletter and get the best of Printscreen in your in-box

© copyright 2020 Printscreen